Jumat, 08 April 2011

PENDIDIKAN PANCASILA

1.Jelaskan Pelaksanaan Demokrasi di Negara Indonesia saat ini !
JAWAB
Demokrasi Indonesia telah menciptakan stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Selain itu, Indonesia juga telah berhasil menjadi sebuah negara demokrasi terbesar di dunia dan melaksanakan pemilu yang kompleks dengan sangat sukses.
Meski pada awalnya banyak yang meragukan pelaksanaan demokrasi di Indonesia, kenyataannya demokrasi di Indonesia saat ini telah berusia 10 tahun dan akan terus berkembang. Sebagian orang pernah berpendapat bahwa demokrasi tidak akan berlangsung lama di Indonesia, karena masyarakatnya belum siap. Mereka juga pernah mengatakan bahwa negara Indonesia terlalu besar dan memiliki persoalan yang kompleks. Keraguan tersebut bahkan menyerupai kekhawatiran yang dapat membuat Indonesia chaos yang dapat mengakibatkan perpecahan.


2.Bagaimana Bangsa Indonesia mengelola SDA berdasarkan pemikiran aspek kewilayahan ?
JAWAB
Indonesia adalah negara yang dilimpahi oleh kekayaan alam yang sangat melimpah. Namun sampai saat ini pemerintah Indonesia belum terbukti dapat mengelola SDA yang dimiliki secara maksimal. SDA yang seharusnya sangat berpotensi untuk diambil manfaatnya, malah tidak tersentuh sama sekali oleh pemerintah Indonesia. Maka dari itu, banyak SDA yang diambil alih oleh negara lainnya, apalagi SDA yang terletak jauh dari pusat pemerintahan, katakanlah perbatasan Negara. Dan jangan heran jika negara lain dapat maju berkat kekayaan SDA Indonesia yang mereka “curi” akibat Indonesia sendiri tidak memanfaatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar