Senin, 23 Mei 2011

Tugas Kewarganegaraan Part 3


Coba anda jelaskan apa yang dimaksud dengan :

1. Aspek alamiah ketahanan nasional yang meliputi :

a. Posisi dan lokasi geografi negara

b. Keadaan dan kekayaan alam

c. Keadaan dan kemampuan penduduk

2. Aspek sosial/kemasyarakatan adalah :

a. Ideologi

b. Politik

c. Sosial

d. Budaya

e. Pertahanan dan Keamanan

3. Menurut anda bagaimana peranan ideologi Pancasila dalam

perkembangan Bangsa Indonesia saat ini?

JAWAB :

1 a) posisi negara indonesia sangat strategis maka tidak salah banyak negara mengiginkan negara indonesia, maka ketahanan diIndonesia harus kuat untuk mempertahankannya.

b) kekayaan alam yang melimpah di Indonesia juga harus dijaga dengan baik, karna dapat sebagai sumber penhasilan bagi Indonesia.

c) kemampuan penduduk di Indonesia memanglah belum sehebat Negara-negara berkembang tp dengan pelatihan yg baik mungkin keadaan ini akan membaik.

2. a) Ideologi : pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar tentang kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalisasikan pemikiran tersebut berupa fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk menyebarkannya

b) Politik : proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

c) Politik : merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat.

d) Sosial : Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda, dari segi budaya, status sosial, maupun daerah. Contohnya dengan pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal.

e) Pertahanan dan Keamanan : Rasa persatuan ini dapat diciptakan dengan membangun solidaritas dan hubungan erat antara warga Negara.

3. Menurut saya ideologi penting dan merupakan kenyataan yang tidak bisa ditolak karena dalam setiap masyarakat selalu diharapkan tersedia keberadaan sebuah struktur bersama yang terbentuk dari idea-idea.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar