Minggu, 08 Januari 2012

Resensi Software MYOB

Pengertian MYOB Accounting
Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat. MYOB Limited mengeluarkan MYOB Accounting versi 15 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama, yaitu pemasukkan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca, labarugi dan sebagainya.

Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan software ini dalam perusahaan, antara lain :

· Mempunyai tampilan yang user friendly, karena transaksinya berfiat sederhana dan berupa gambar-gambar sehingga untuk pemula pun akan sangat mudah untuk memahaminya.

· Mempunyai kemampuan export data ke program excel, sehingga laporan nya bisa juga di cetak di program excel.

· Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan yang disediakan.

· Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak termasuk setting pajak serta menampilkan analisa dalam bentuk grafik.

· Peranan MYOB dalam siklus akuntansi perusahaan jasa
• Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implimentasi dalam pengoperasian MYOB
• Sebagai alat untuk mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa

Kelebihan lain dalam MYOB adalah :
1. MYOB Accounting Software dapat melakukan analisa bisnis

· Memiliki lebih dari 160 laporan dan chart

· Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru

· Membuat laporan yang menyeluruh, yang kemudian dirubah dalam Ms.Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.

· Menggunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan

2. Kelola customer dengan efektif
MYOB Accounting Software dapat memberikan laporan penjualan dan informasi dari customer dengan cepat dan akurat. Karena semua laporan dapat diexport ke berbagai format yang berbeda.

3. Membuat Customize Form
Dapat mendesign sendiri invoice dan laporan keuangan sesuai keinginan, seperti membuat formulir dengan menambahkan logo, customize text, header, dan subtitle.

4. Pengelolaan Inventory yang menyeluruh
MYOB secara otomatis meng-adjust inventory saat terjadi proses penjualan. Selain itu, MYOB dapat merecall, edit, reverse, dan delete inventory adjustment dan transfer seperti yang dilakukan pada transaksi yang sudah tercatat. MYOB juga memiliki fitur yang canggih dalam penetapan harga acuan dengan lima quantity break dan enam level penetapan harga. Memungkinkan anda melakukan pemetaan harga dan strategi penjualan berdasarkan status pelanggan.

5. Invoice pelanggan melalui email
Dengan MYOB anda dapat menghemat biaya surat-menyurat dan perlengkapan kantor lainnya, karena dikirim melalui email. MYOB telah compatible dengan Microsoft Outlook dan Netscape Messanger.

6. Company Data Auditor
Adalah sebuah rangkaian checklist atas integritas seluruh proses data anda.

Kekurangan lain dalam MYOB adalah :

1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.

2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.

3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul.

4. Untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi.

5. Kelemahan multi warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola didalam MYOB.

6. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.


Command Centre

merupakan pembagian dari kegiatan atau transaksi perusahaan, terdiri dari :

1. Accounts, Fasilitas ini berfungsi untuk mencatat data awal perusahaan berupa pencatatan

rekening, proses pencatatan transaksi dan proses penjurnalan transaksi.

2. Banking, Berfungsi untuk mencatat Pengambilan dan penyetoran uang , mencetak bukti

transaksi dan laporan keuangan perusahaan yang dalam transaksinya mengunakan modul

Chequebook.

3. Sales, Berfungsi untuk mencatat jurnal penjualan barang dagangan dan penerimaan

pelunasan piutang dari Customer, menampilkan dan mencetak bukti transaksi serta laporan

termasuk analisis penjualan barang dan jasa.

4. Time Billing, Digunakan untuk mencatat transaksi penjualan jasa yang termasuk dalam daftar aktivitas (activity list) yang dicatat melalui menu Time Billing (untuk MYOB V.13).

5. Purchases, Berfungsi untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan dan pembayaran hutang kepada Supplier, menampilkan dan mencetak bukti transaksi serta laporan termasuk analisis pembelian barang dan jasa.

6. Payroll, Digunakan untuk mencatat transaksi penggajian karyawan atau pegawai, meliputi perhitungan gaji pokok, bonus dan perhitungan pajak penghasilan karyawan (untuk MYOB V.13).

7. Inventory, Berfungsi untuk mencatat data barang ( yang meliputi no dan nama barang, harga jual, harga beli, jumlag barang, satuan ) yang diperjual belikan.

8. Card File, Card File berfungsi untuk mengarsipkan data pelanggan, pemasok, data karyawan yang terkait dengan transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan atau jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar