Jumat, 05 November 2010

E-Commerce dan Perkembangannya di Indonesia.

1.1 PENDHULUAN

Kemajuan teknologi saat ini memang sangat membantu manusia dalam menjalankan kehidupan, terutama dalam perekonomian, terbukti saat ini manusia dapat menggunakan taknologi untuk berdagang , bisa kita sebut dengan pedagangan elektronik (E-Commerce), yang dulunya perdagangan atau bisnis dilakukan dengan sistem pembeli dan penjual diharuskan bertemu untuk melakukan transaksinya, pada saat ini semua itu dapat dilakukan dengan sistem transfer, di mana pembeli dengan penjualnya tidak perlu lagi bertatap muka, semua ini dapat dilakukan dengan menerapkan pedagangan elektronik (E-Commerce) dalam melakukannya.


1.2 KUTIPAN-KUTIPAN

Dari perspektif komunikasi, e-commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon atau jalur komunikasi lainnya.
Dari perspektif proses bisnis, e-commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis.
Dari perspektif pelayanan, e-commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
Dari perspektif online, e-commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet atau jaringan online lainnya.


1.3 PEMBAHASAN

E-Commerce termasuk salah satu istilah pada ” perdagangan elektronik’ yang berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik merupakan aktivitas perdagangan yang memanfaatkan transaksi komersial, misalnya mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian secara elektronik. Kemudian berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat yaitu “perdagangan web” (pembelian barang dan jasa melalui Word Wide Web) Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Sehingga Antara pada era 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

Kelebihan atau keuntungan dari e-commerce :
• Akses kepada pasar yang lebih luas dan potensi pelanggan baru yang lebih banyak
• Pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan secara on-line
• Meningkatkan efesiensi dalam memberikan layanan pada pelanggan. Dengan internet layanan kepada pelanggan tidak dibatasi oleh jumlah karyawan, jarak dan waktu
• Penghematan berbagai macam cost antara lain transportasi, komunikasi, telepon, fax, dll

Masalah yang terdapat pada e-commerce :
• Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
• Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.




1.4 KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan : dengan menggunakan e-commerce dalam perdagangan dapat mempermudah dalam sistem dagang dan juga dapat menghasikan keuntungan semaksimal mungkin.
Saran : apakah ada maslah yang akan dialami bila dalam melakukan perdagangan menggunakan e-commerce .



1.5 REFERENSI

http://www.balinter.net/news_184_Pengertian_E-commerce_dan_Teknologi_Informasihtml
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Sejarah_perkembangan
http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html
http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/
http://dasril.wordpress.com/
http://www.matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia
http://e-commerce.site90.net/2008/10/03/perkembangan-e-commerce/
http://tiarmut.blogspot.com/2009/06/jenis-dan-keuntungan-e-commerce.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Faktor_kunci_sukses_dalam_e-commerce
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik#Masalah_e-commerce

Tidak ada komentar:

Posting Komentar