Jumat, 05 November 2010

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik Pada Masa Kini

1.1 PENDAHULUAN
Perdagangan saat ini sudah semakin berkembang, perdagangan yang dilakukan pada saat ini telah menggunakan media elektronik, dapat kita artikan bahwa ada penjual dan pembeli yang melakukan transaksinya menggunakan internet, meskipun jarak yang jauh memisahkan pembeli dan penjualnya, perdagangan tetap masih bisa dilakukan dengan menggunakan internet tanpa ada masalah dengan komunikasinya, maka dari itu media elektronik dalam perdagangan sangatlah membantu,

1.2 KUTIPAN-KUTIPAN
Dalam kutipannya http://karlenaindriani.wordpress.com Perdagangan melalui jaringan elekronik dapat didefenisikan dengan sangat sempit dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dalam internet, seolah-olah tidak ada alternatif komunikasi lain. Kita mengambil pandangan yang jauh lebih luas. Kita mendefenisikan perdangan melalui jaringan elektronik sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.

1.3 PEMBAHASAN
Seperti yang telah dijelaskan dalam kutipa diatas, elektonik sangat membantu dibidang perdgangan, banyak manfaat dari elektonik ini, manfaat yang dirasakan bagi perusahaan diantaranya :
• Memperpendek jarak : perusahaan-peusahaan akan dapat mersakan lebih dekat dengan konsumen, meskipun jarak antara mereka cukup jauh, karna dengan bantuan internet maka perusahaan dapat berkomunikasi dengan konsumen tanpa harus memandang jarak diantara mereka .
• Perluasan pasar : jangkauan perusahaan akan dapat lebih luas dan tidak lagi terbatas dengan kondisi apapun, karna perusahaan dapat mempromosikan barang yang mereka jual dengan cepat dan menyebar diseluruh dunia hanya dengan menggunakan jaringan internet, maka konsumen akan lebih cepat tahu dan perusahaan juga tidak perlu lagi.
• Efisien : dengan adanya internet didalam perdagangan maka perusahaan dapat menggunakan waktunya seefisien mungkin agar tidak membuang-buang waktunya.
Dalam perdagangan menggunakan media elektronik juga memiliki kendala, kendala tersebut adalah :
• Biaya yang tinggi yang harus dikeluarkan perusahaan untuk membayar internet di setiap bulannya.
• Masalah keamanan dalam dunia internet memang sudah banyak, maka dari itu keamanan yang ada dalam media elektronik ini masih lemah.
• Perangkat lunak yang tersedia belum mampu atau belum tersedia.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
• Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
• Business-to-Business (B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini adalah system antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yaitu pertukaran data elektronik. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai system antar organisasi.
Ekstranet memungkinkan pembagian informasi berbasis computer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi yang umumnya diasosiasikan dengan internet, ekstranet biasanya terlindung dibalik firewall. Firewall adalah perangkat lunak computer yang hanya mengijinkan akses oleh pemakai sah.


1.4 PENUTUP
Dari penjelasan diatas kita dapat mengerti dimana sangat bergunanya elektronik dalam perdagangan yang terjadi dalam kehidupan, dengan menggunakan media elektronik maka dapat melakukan perdagangan dengan mudah meskipun jarak memisahkan antara mereka.

1.5 REFERENSI
http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
http://adyxmuds.blogspot.com/2010/10/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html
http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://yugidwianggoro.wordpress.com/2010/10/30/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik-pada-masa-kini/
http://chochokye.wordpress.com/2009/12/29/1-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik-e-commerce/
http://greenpeace-blogger.blogspot.com/2010/10/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html
http://karlenaindriani.wordpress.com/category/makalah-pribadi/teknologi-informasi-untuk-perdagangan-melalui-jaringan-elektronika/
http://alukmalay.wordpress.com/2010/10/31/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan-elektronik-pada-masa-kini/
http://pertekkom.blogdetik.com/2008/04/04/perkembangan-teknologi-masa-kini-dalam-pr-dan-iklan/
http://yoanra14.blogspot.com/2010/10/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan_24.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar