Jumat, 17 Agustus 2012

Faktor–faktor yang diperhatikan dalam Penetapan Suku Bunga


Adapun faktor–faktor yang perlu diperhatikan dalam penetapan suku bunga, yaitu :
  1. Biaya dana itu sendiri dalam pengertian sebagai cost of fund, cost of money, cost of loanable fund ataupun sebagai cost of borrowing fund.
  2. Faktor nasabah, di dalam kondisi pasar yang bersaing harga akan terjadi padatitik kesepakatan antara pembeli dan penjual. Hal ini mungkin akan terjadikerena pembeli adalah mempunyai hak sepenuhnya untuk memilih harga dari jasa bank (suku bunga kredit) yang akan dibelinya dengan tingkat yang paling baik baginya.
  3. Bank pesaing. Untuk merebut nasabah sebanyak mungkin sesuai masing– masing target, harga atau dalam hal ini tingkat suku bunga kredit akanmerupakan faktor yang menentukan pula. Jadi dalam penetapan suku bungakredit ini perlu dipertimbangkan pula.
  4. Mutu pelayanan. Para pengusaha dalam melaksanakan kegiatannya selalu berharap akan memperoleh kepastian, ia berani membayar lebih mahal untuk memperoleh kepastian tersebut. Hingga tidak jarang seorang nasabah bersedia membayar suku bunga kredit yang lebih tinggi apabila keputusan permohonan kreditnya dapat diterima saat itu juga.
  5. Resiko usaha. Hampir pada setiap jenis usaha mengandung risiko baik risikoyang besar atau yang kecil sifatnya. Adanya risiko–risiko yang akan dihadapioleh para pengusaha ini perlu diperhitungkan pula oleh bank dalam penetapan suku bunga kreditnya. Semakin rendah risiko tentu suku bunganya akan lebih murah dan sebaliknya pada risiko usaha yang tinggi suku bunga kreditnya pun juga lebih tinggi. 
  6.  Faktor–faktor di atas dapat secara sendiri–sendiri menentukan tingkatsuku bunga kredit tetapi pada situasi yang lain dapat pula secara bersama-samauntuk membentuk suku bunga kredit yang akan ditawarkan kepada pihak nasabahdalam kegiatan perencanaan kredit (Pudjo, 1989).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar