Salah
satu faktor yang dapat menunjang peningkatan profitabilitas dan pertumbuhan
suatu perusahaan adalah kepuasan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas dengan
pelayanan yang diberikan perusahaan akan membeli kembali barang atau jasa
perusahaan. Untuk memperjelaskan maksud uraian tersebut, maka dalam hal ini
akan dikemukakan beberapa pengertian kepuasan pelanggan menurut para ahli ,
antara lain :
1.Menurut
pendapat Tse dan Wilton (1988) pengertian kepuasan pelanggan adalah respon
pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan setelah
pemakaiannya.
2.
Menurut pendapat Engel (1995) pengertian kepuasan pelanggan adalah sebagai
evaluasi purna beli di mana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya sama
atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil
tidak memenuhi harapan pelanggan.
3.
Menurut pendapat Kotler (1997) pengertian kepuasan pelanggan adalah tingkat
keadaan perasaan seseorang yang merupakan hasil perbandingan antara penilaian
kinerja/hasil akhir produk dalam hubungannya dengan harapan pelanggan.
Dari
pengertian yang dikemukakan para ahli tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa
kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan merupakan perbedaan/ kesenjangan antara harapan
sebelum pembelian dengan kinerja atau hasil yang dirasakan setelah pembelian.
Pelanggan adalah orang yang menerima hasil pekerjaan seseorang atau organisasi,
maka yang dapat menentukan kualitasnya seperti apa yang mereka dan mereka dapat
menyampaikan apa dan bagaimana kebutuhan mereka. Setiap orang dalam perusahaan
harus bekerja dengan pelanggan internal dan eksternal untuk menentukan
kebutuhan mereka dan bekerja sama dengan pemasok internal dan ekseternal.
Ada
beberapa unsur penting dalam kualitas yang ditentukan pelanggan yaitu:
1.
Pelanggan harus merupakan prioritas utama organisasi. Kelangsungan hidup
organisasi tergantung pelanggan.
2.
Pelanggan yang dapat diandalkan merupakan pelanggan yang telah melakukan
pembelian berkali-kali (pembelian ulang) dari organisasi yang sama. Pelanggan
yang puas dengan kualitas produk atau jasa yang dibeli dari suatu organisasi
menjadi pelanggan yang dapat diandalkan. Oleh karena itu kepuasan pelanggan
sangat penting.
bagai mana cara agar pelanggan kita puas terhadap suatu barang yang kita punya dan bagai mana cara kita menarik pelanggan kita agar tetap menjadi pelangan produk kita......?
BalasHapusbagai mana cara kita menarik pelanggan kita agar tetap membeli produk kita.....?
BalasHapus